CARA SETTING PLN PASCABAYAR DI C2 METRO PROFESSIONAL

Tutorial setting PPOB di Software Pulsa C2 Metro Professional.
Supplier PPOB yang dipakai adalah dari Raja Biller. Jika anda belum menjadi member Raja Biller, silakan bergabung terlebih dahulu, kunjungi websitenya  www.rajabiller.com
Setting ini hanya berlaku untuk Listrik Pascabayar yang suppliernya dari Rajabiller, jika anda mau setting produk lain seperti Telkom, PDAM, Leasing maka settingannya berbeda & harus membuat supplier baru, meskipun ambilnya tetap di Raja Biller tetapi kita harus buat supplier baru lagi karena reply untuk transaksi PLN Pasca dan PPOB lain berbeda.
Mengapa harus Raja Biller? Kami memang tidak ada kerjasama dengan Perusahaan tersebut, tetapi untuk saat ini supplier H2H PPOB yang support dengan C2 Metro Professional adalah Rajabiller. Anda bisa memakai supplier H2H PPOB lain asal replynya support untuk disetting di software C2. Untuk PPOB laporan Harganya tidak boleh ada tanda pemisah titik misal Rp5.000. Untuk reply harga yang seperti itu di C2 tidak support, replynya harus tanpa tanda titik, contohnya: 5000. jadi jika anda sudah ada supplier PPOB dan reply harga memakai tanda pemisah titik saat ini di C2 belum support.

CARA SETTING PLN PASCABAYAR DI C2 METRO PROFESSIONAL DENGAN SUPPLIER RAJABILLER.COM:
  • Jalankan terminal H2H YM, anda bisa pakai YM1, YM2 atau YM3 asalkan ID YM yang dipakai sudah terdaftar di suppliernya.
  • Tambahkan Supplier Baru

Data supplier harus anda isi sesuai dengan data supplier anda, misal supplier PPOB dijalankan di terminal H2H YM 3, maka di pengaturan supplier Terminalnya juga harus dipilih YM nomor 03, YM Center diisi YM Center dari supplier tempat kita mengambil stok PPOB, kata kunci gagal & berhasil adalah kata yang diambil dari reply supplier agar bisa gagal otomatis & sukses otomatis.
  • Setting Kata Kunci SN/Reff dengan tepat
Pengaturan kata kunci baik Jumlah tagihan, kode bayar, nama pemilik, SN/Reff, Tagihan bulan ke, ataupun total tagihan harus tepat. Oleh karena itu kita harus teliti mengambil kata kunci tersebut. Untuk mengambil kata kunci tersebut kita perlu reply sukses & gagal saat cek tagihan & reply sukses & gagal saat bayar tagihan.
Berikut ini adalah setting kata kunci yang bisa dipakai untuk mengambil stok PLN Pascabayar di Rajabiller
Reply transaksi dari supplier bisa berubah-ubah sewaktu-waktu, jika ada perubahan dari reply rajabiller yang mengakibatkan tidak bisa sukses otomatis, silakan hubungi CS kami agar segera kami perbaharui tutorialnya.
  • Tambah Produk PLN Pascabayar
 
 Jika sudah menambah produk, jangan lupa tambahkan kelompok agen yang diijinkan transaksi PPOB, jika anda tidak menambahkan kelompok maka semua agen belum bisa transaksi PPOB. Selanjutnya buat parsing/ kode akses agar bisa mengirim pesan ke supplier dengan benar.  Ini adalah contoh Parsing Listrik prabayar jika mengambil ke Rajabiller
Sampai di sini jika semua tidak ada kesalahan anda sudah bisa transaksi PPOB, alangkah baiknya anda tes terlebih dahulu untuk memastikan apakah sudah bisa transaksi atau belum.
Untuk bisa melakukan pembayaran maka wajib untuk cek tagihan terlebih dahulu, format cek tagihan bisa anda lihat di menu Format Transaksi C2. Jika belum diubah maka format cek tagihan masih seperti ini: .PRODUK.IDPELANGGAN.NOHPPELANGGAN.PIN
Format bayar tagihan: .IDTAGIHAN.TOTALTAGIHAN.PIN
Id tagihan & total bayar didapat saat reply cek tagihan sukses.

Jangan lupa tambahkan keterangan gagal agar jika trx gagal makaagen bisa tahu penyebab gagalnya.

Yang jadi banyak pertanyaan, bagaimana agen bisa cetak struk? Apakah di C2 bisa disetting link cetak struknya? Di C2 belum tersedia link untuk cetak struk transaksi PPOB, tetapi jika kita ambil stok PPOB ke rajabiller maka kita bisa memakai struk yang diberikan dari supplier kita. Struk dari Rajabiller itu menggunakan Admin 2500 jadi misal tagihan 50000 total bayar di struk adalah 52500 dan agen mendapat harga di bawah harga struk tersebut karena dari biaya Admin 2500 tersebut sebagian jadi keuntungan kita dan sebagian jadi fee untuk agen, sebagian juga jadi keuntungan dari supplier.

Bagaimana setting agar struk PPOB bisa sampai ke agen & langsung didownload?
Kita perlu edit sedikit di reply transaksi sukses Pembayaran tagihannya.
Kita ubah reply menjadi seperti contoh ini:
<TANGGAL> <JAM>  Yth.<NAMAOUTLET>, Sukses bayar <KODEPRODUKPASCABAYAR> IDPEL <IDPELANGGAN> an <NAMAPELANGGAN> BLN <BULANTAGIHAN> sebesar <JUMLAHTAGIHAN> Admin <BIAYAADMIN>  Total Tagihan <TOTALTAGIHAN> Fee <LABAMITRA>  Struk: <SN> Saldo Anda Rp<SALDOAWAL>-Rp<TOTALBAYAR>=Rp<SALDOAKHIR>. <PESANTAMBAHAN> <PESANKELOMPOK>
untuk kata kunci SN di settingan supplier bisa kita setting untuk tangkap link struk dari supplier sehingga agen yang sukses bisa langsung mendapat link struk dari supplier & bisa langsung didownload.

PESAN SMS PELANGGAN PASCABAYAR juga bisa kita rubah menjadi seperti ini:
<TANGGAL> <JAM> Terima kasih telah membayar <KODEPRODUKPASCABAYAR> IDPEL <IDPELANGGAN> an <NAMAPELANGGAN> BLN <BULANTAGIHAN> sebesar <TOTALTAGIHAN> di <NAMAOUTLET> Struk silakan download di <SN>

Sekian sedikit tutorial untuk setting PPOB Listrik Pascabayar, jika ada kesalahan kami sangat membutuhkan koreksi dan saran dari semua user C2. Terima kasih & semoga bermanfaat.